Batu Taba Nagari Nan Indah
We can check your plugins and stuff

Muslimbook, Situs Jejaring Sosial Islami


Dalam waktu yang cukup singkat (6 tahun) jumlah pengguna Facebook kini telah mencapai angka 500 juta. Artinya, satu dari 14 orang di dunia telah bergabung dengan jejaring sosial tersebut. Kehadiran Facebook yang begitu fenomenal telah menghadirkan dan meninggalkan berbagai cerita baik positif maupun negatif. Seperti beberapa waktu yang lalu ada sebuah group yang mendiskreditkan Islam.

Saat sedang surfing di Republika.co.id menemukan sebuah artikel yang cukup menarik yakni Muslimbook Usung Misi Tandingi Facebook, artikel tersebut membahas tentang kehadiran situs jejaring sosial yang bernuansa Islami bernama Muslimbook.com, di tengah kian maraknya jejaring sosial Islami yang kian populer di berbagai negara. Usai muslimunite.com sukses menjaring popularitas dari kalangan mahasiswa, profesional hingga ibu rumah tangga, laman jejaring Islami lain segera bermunculan.

Tampilan dan fitur Muslimbook.com sekilas didesain mirip dengan Facebook namun mengetengahkan nuansa Islami dalam konten dan fitur.

Serupa tapi tak sama, Muslimbook memang diadaptasi untuk menandingi Facebook. Jadi, jangan heran bila fitur situs ini seperti mengadopsi bermacam fitur Facebook namun dimodifikasi untuk ajaran Islam. Pada bagian depan laman, tertulis “Terhubung dan berbagi dengan orang-orang di sekitar anda”. Dibawahnya, terdapat ikon individu yang mengenakan hijab.

Salah seorang pendiri Muslimbook, Zaid al Mansouri, mengatakan meski menyerupai Facebook, desain tema telah terdaftar dan tidak melanggar hak cipta. “Akun anti-Islam telah dibuat di Facebook, termasuk salah satunya menyebut diri mereka “Saya Anti Islam” serta akun lain yang mengolok-olok kaum perempuan Muslim untuk mengenakan jilbab. Karena itu, Muslimbook berusaha memperbaiki hal itu,” kata dia seperti dikutip dari Ahlul Bayt News Agency, 2 Agustus.

Keberadaan laman jejering sosial Islami muncul setelah bermunculan kasus yang menjelekkan Islam di Facebook. Alasan lain, Facebook jauh dari kesan Islam dan kurang efektif memperkenalkan Islam kepada dunia.

Seiring waktu, laman-laman pertemanan bertemakan Islami menjadi alternatif lain yang cukup populer di berbagai komunitas muslim di seluruh dunia. Popularitasnya memang belum menandingi Facebook atau Twitter. Namun perkembangan laman jejaring sosial macam tadi ikut memberi warna baru dalam revolusi interaksi dunia maya yang selama ini jauh dari kesan Islami.

Seperti halnya situs jejaring sosial lainnya, untuk bisa memanfaatkannya anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun jika anda telah mempunyai akun Facebook, anda bisa langsung login dengan akun facebook anda. Tertarik?

Powered By google
By Seiparing TV